Suplemen terbaik saat berpuasa (dan sibuk)

Bulan puasa adalah bulan yang ditunggu umat muslim Indonesia dan seluruh dunia, bulan yang penuh pahala ini harus dijalankan dengan menahan hawa nafsu, namun bagaimanakah jika anda memiliki program yang mengharuskan asupan nutrisi untuk otot anda selama anda berpuasa? Tenang, karena anda tidak harus melewatkan program anda, anda tetap bisa mendapatkan pahala dan mendapatkan hasil terbaik untuk program anda.

Dengan pola makan dan suplemen yang tepat anda bisa menjalankan program anda saat puasa, plus anda tidak harus lemah, letih, lesu selama bulan puasa, melainkan anda tetap jadi pribadi yang semangat dan bergairah di bulan puasa ini. Berikut adalah suplemen yang bisa anda gunakan di bulan puasa :

1. Gainer dengan karbohidrat kompleks

Untuk anda yang sedang program bulking, jangan kuatir anda tetap bisa menjalankan program anda selama berpuasa. Ada istilah “berbukalah dengan yang manis2”, istilah tersebut memang benar karena segala sesuatu yang manis pasti mengandung gula dan glukosa, bagian dari karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber tenaga. Karbohidrat adalah nutrisi utama untuk anda menjalankan aktivitas, karbohidrat akan dibakar menjadi energi oleh tubuh anda.

Karbohidrat terbagi menjadi 2 yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana seperti mie, nasi putih, roti biasa, tepung akan dicerna secara cepat oleh tubuh. Sedangkan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, roti gandum dan kentang akan dicerna oleh tubuh secara perlahan.

Ada 3 keuntungan jika mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Pertama glukosa darah anda tidak akan meningkat dengan cepat (baik untuk mencegah diabetes). kedua, karena dicerna dengan lambat alias bertahap, maka tubuh anda akan mendapat asupan karbohidrat secara bertahap dan akan berefek anda akan merasa KENYANG lebih lama, tubuh anda akan tetap bertenaga dalam waktu yang lama, dalam hal ini tidak akan ada istilah tubuh lemas dan ngantuk saat puasa. Terakhir, otot anda tidak akan susut saat puasa, otot akan dibakar saat tubuh anda kekurangan karbohidrat, karena lemak dan protein dalam tubuh anda akan dibakar sebagai energi cadangan jika karbohidrat anda sudah habis.

Seperti diketahui gainer adalah suplemen utama untuk anda yang ingin menaikan berat badan alias bulking. Supaya program anda tidak sia-sia karena kekurangan nutrisi saat puasa, maka gunakanlah gainer yang memiliki karbohidrat kompleks.

Contoh : Isomass xtreme gainer, kingmass, elite labs mass gainer, dsb

2. Time Release Protein

Jika sebelumnya buat anda yang bulking, maka sekarang untuk anda yang sedang program maintenance otot. Time release protein adalah protein powder yang terbuat dari berbagai jenis protein dengan tingkat penyerapan yang berbeda, ada yang cepat serap seperti protein isolate dan ada yang sedang seperti egg protein, hingga yang lambat seperti casein.

Jadi bagi anda yang sedang program maintenance dan puasa, anda tidak perlu kuatir otot anda kekurangan asupan protein. Dengan time release protein otot anda akan mendapatkan asupan protein selama 8-10 jam, jika mulai puasa pukul 06.00 pagi maka otot anda akan mendapat asupan protein maksimal hingga pukul 16.00 sore artinya hanya 2 jam otot anda akan puasa asupan protein dan segera mendapatkannya lagi saat berbuka.

Selain untuk yang sedang berpuasa, time release protein juga cocok bagi anda yang sibuk dan dapat diminum sebelum tidur.

Contoh : Phase8, Pro Antium

3. Casein Protein

Sama dengan time release protein, casein protein adalah jenis protein yang akan diserap bertahap oleh tubuh. Cocok diminum bagi anda yang sedang puasa, sibuk dan akan tidur agar otot anda tidak susut dan tetap mendapatkan asupan protein. Lalu jika sama fungsinya kenapa ada dua jenis suplemen? Jawabannya karena harga dan beberapa alasan yang berhubungan dengan marketing. Selain itu casein juga adalah sumber protein yang mahal dan sulit didapatkan, sehingga sekarang ini produsen suplemen lebih banyak memproduksi time release protein daripada casein. Untuk kualitas casein murni tentu lebih baik dr time release protein (lain kali kita bahas).

4. BCAA (Branch Chain Amino Acid)

BCAA adalah salah satu suplemen populer setelah whey protein. Protein terdiri dari “asam amino essensial” dan “asam amino non essensial“, berbeda dengan asam amino non essensial, asam amino essensial tidak bisa dihasilkan oleh tubuh dan harus didapat dari makanan sehari2.

Asam amino essensial terdiri dari 9 jenis asam amino, diantara 9 jenis asam amino 3 diantaranya yaitu L-leucine, L-isoleucine, L-valine adalah yang terpenting, nah 3 asam amino essensial tersebut yang biasa disebut BCAA (30% bagian otot anda adalah BCAA). BCAA adalah asam amino yang sangat penting untuk pembentukan otot dan menjaga agar otot tidak susut (katabolik), sangat cocok digunakan selama puasa untuk menjaga otot anda tetap utuh dan tidak susut, minumlah saat sahur agar selama puasa otot anda tetap terjaga. (Lain kali kita bahas soal BCAA ini, apa saja fungsinya dan bagaimana cara memilih BCAA yang benar).

Contoh : AminoX

Demikianlah suplemen-suplemen yang dapat anda pakai dan tentu saja efektif digunakan saat puasa. Semoga puasa anda barokah dan mendapatkan pahala berlipat kali ganda, dan semoga selama puasa anda tetap ceria, penuh semangat dan hari anda menyenangkan.

Leave a Reply