Mengenal manfaat whey protein bagian 1

Whey protein adalah suplemen wajib untuk anda yang ingin membentuk tubuh ideal, karena untuk membentuk tubuh ideal diharuskan olahraga dan untuk olahraga maka diharuskan memiliki otot-otot yang kuat, dan bahan baku pembentuk otot yang utama adalah protein. Protein juga berfungsi sebagai blok pembangun untuk semua bagian tubuh Anda, otot, tulang, rambut dan kuku. Sel-sel tubuh Anda memerlukan protein untuk regenerasi dan perbaikan.

Setiap orang menurut AKG membutuhkan 50gr protein/hari, ini adalah jumlah minimal protein yang kita butuhkan, untuk anda yang aktif dan sering berolahraga maka kebutuhan protein yang baik adalah 2x berat badan anda, misal berat anda 75kg, maka anda butuh 150gr protein/hari.

Kenapa harus memakai whey protein?

1. Seperti saya bahas sebelumnya, suplemen dibutuhkan untuk melengkapi nutrisi harian, jika sudah terpenuhi maka suplemen tidak dibutuhkan, sekarang coba hitung anda mendapatkan protein berapa gram/hari dari makanan anda, anda bisa melihat tabel nutrisi setiap makanan di sini.

Jika malas menghitung maka mari saya bantu untuk menghitung. Misal berat anda 75kg, maka protein yang dibutuhkan adalah 150gr sehari. Artinya :
– Anda butuh 50 butir putih telur (yang kuning mengandung kolesterol) atau,
– Anda butuh 700gr dada ayam, tidak termasuk kulit dan tepungnya jika ada atau,
– Anda butuh 6 liter susu ultra,
– Dan lain-lain.

Ini belum memperhitungkan daya serap nutrisi oleh tubuh, jadi jika anda makan 50butir telur putih, maka yang digunakan dan diserap oleh tubuh belum tentu 150gr seluruhnya, karena proses pencernaan melalui beberapa tahap, dimana setiap tahap pasti ada nutrisi yang dibuang oleh tubuh karena tidak terpakai, yang akhirnya kita buang di toilet itu lho.

Tapi mari kita anggap 100% berhasil dicerna tubuh! Pertanyaannya, apakah anda sudah memenuhi kebutuhkan protein anda? Jika belum anda butuh Whey Protein, jika sudah, lihat poin ke 2.

2. Dari sumber protein yang kita makan sehari hari contohnya beef, daging ayam, dan lain-lain tentunya terdapat lemak apalagi jika digoreng. Artinya selain proteinnya, lemak yang ada juga ikut anda makan, dengan whey protein anda mendapat protein murni dengan lemak mencapai hingga 0% (tergantung merk). Ini mungkin tidak masalah bagi yang kurus, tapi bagi anda yang gemuk tentu sangat bermasalah

Fungsi Whey Protein

Selain untuk mencukupi kebutuhan protein harian, whey protein juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut diantaranya :

– Mempercepat metabolisme, ini cocok buat yang gemuk karena biasanya yang gemuk metabolismenya lambat
– Membuat kenyang lebih lama, ini cocok buat anda yang sedang diet supaya bisa menahan lapar
– Meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan tubuh, ingat saat sembuh dari sakit tubuh akan mengganti sel-sel lama dengan yang baru, ini membutuhkan protein dalam jumlah banyak
– Menyuburkan rambut, anda yang diet dengan salah (sedikit makan bahkan tidak makan sama sekali) biasanya akan rontok rambut karena kekurangan protein. Diet yang sehat adalah diet tinggi protein tapi rendah lemak, anda bisa membacanya di artikel berikut
– Menaikan masa otot, semakin banyak otot di tubuh anda maka metabolisme dan pembakaran lemak lebih cepat, karena setiap aktivitas pasti ada otot yang bekerja.
– Bisa diminum wanita, karena wanita pun butuh protein, jangan takut jadi kekar karena wanita tidak punya hormon testosterone seperti pria. Kecuali pake steroid seperti binaragawati Mrs.olympia.
– Dan masih banyak manfaat lainnya.

Whey Protein Mahal

Oke kita hitung2an :
– 1 scoop whey protein (kita ambil Whey Gold Standart, sebagai protein paling laku) = 24gr Protein, satu botol = 74 scoop, total = 1776gr Protein
– Telor putih = 3gr protein/butir, butuh 592butir untuk menyamai protein whey, 592 x Rp. 1500 = 888.000
– Susu Ultra 1liter = 24gr protein, butuh 74 liter untuk menyamai protein whey, 74 x 18.000 = 1.332.000

Harga Whey Gold Standart pasaran beli online Rp. 850.000, lebih murah dari telur putih, selain itu praktis, rasa enak dan daya serap whey oleh tubuh lebih tinggi dari telur putih.

Leave a Reply