Dasar dasar memilih gainer yang harus diperhatikan

Gainer adalah suplemen utama yang dibutuhkan fitness mania yang ingin menaikan berat badan. Cara kerja gainer adalah dengan memasukan nutrisi dan kalori sebanyak-banyaknya kedalam tubuh sesuai prinsip utama jika ingin menaikan berat badan yaitu kalori yang masuk harus lebih banyak dari yang kita keluarkan.

Dari sekian banyak gainer berikut adalah prinsip utama untuk memilih gainer yang terbaik bagi anda :

1. Protein VS Karbohidrat

Gainer digunakan untuk melengkapi nutrisi harian anda, jika nutrisi harian anda lebih banyak karbohirat daripada protein maka pilihlah gainer yang tinggi protein agar kebutuhan protein anda tercukupi, begitu pula sebaliknya. Namun orang Indonesia dalam kesehariannya cenderung lebih banyak memakan makanan tinggi karbohidrat seperti : mie, nasi, kentang, roti, dan sebagainya.

Perlu anda ketahui, harga protein lebih mahal daripada karbohidrat (beli beras 1kg tidak lebih dari 20ribu anda sudah mendapatkan karbohidrat hampir 1kg, sedangkan protein untuk mendapatkan 1kg harus membeli sekitar 300 butir telur dengan harga sekitar 450ribu). Jadi jangan aneh ketika anda menemui gainer dengan ukuran lebih besar tetapi harga lebih murah daripada gainer yang lebih kecil ukurannya atau gainer dengan ukuran sama tetapi salah satu lebih mahal.

Contohnya :
– Mutant Mass 15lbs pasaran harga 850ribu, Kingmass 15lbs pasaran harga 900ribu. Ini dikarenakan Kingmass memiliki protein 60gr/serving sedangkan Mutant hanya memiliki 52gr protein/serving.

– Serious Mass 12lbs pasaran harga 750ribu, Masstech 7lbs pasaran harga 600ribu (isi serious mass hampir 2x lipat lebih banyak, tapi harga cuma beda sedikit). Ini dikarenakan Serious mass memiliki protein 50gr/serving, sedangkan Masstech memiliki protein 63gr/serving, selain itu Masstech memiliki Creatine 10gr/serving, sedangkan Serious Mass hanya 1gr/serving. Kenapa serious mass isinya jauh lebih banyak? Karena kandungannya lebih tinggi karbohidrat hingga 250gr/serving.

2. Jumlah Serving

Sebelum anda membeli gainer pastikan anda melihat jumlah servingnya, jangan terkecoh hanya melihat kandungannya saja. Misal kandungan protein 63gr/serving, jika gainer tersebut memiliki 20serving, maka dalam 1 produk gainer tersebut secara keseluruhan berarti memiliki 63grx20 = 1260gr protein. Anda bisa melihatnya di belakang kemasan gainer terdapat tulisan “serving per container”.

Seringkali banyak yang tidak bisa membedakan mana gainer yang lebih baik dari segi kandungan nutrisi karena tidak memperhatikan jumlah servingnya.

Berikut saya berikan contoh perbandingan produknya :
– Masstech Extreme 22lbs memiliki protein 63gr/serving, namun memiliki Jumlah Serving per Kemasan = 20, berarti dalam 1 kemasan terdapat 63grx20 = 1.260gr protein. Kita bandingkan dengan Elite Labs 20lbs yang memiliki protein 60gr/serving, kelihatannya lebih sedikit bukan? Namun jika dikalikan jumlah servingnya yang memiliki jumlah 35 serving per container, berarti dalam 1 kemasan terdapat 60grx35 = 2.100gr protein sehingga dalam segi kuantitas protein Elite Labs 20lbs lebih unggul.

– Masstech Extreme 22lbs harga pasaran sekitar 1,2juta, sedangkan Masstech biasa 7lbs harga pasaran sekitar 600rb. Kok banyaknya hampir 3x lipat, tapi harganya cuma beda 2x lipat? Yups betul, karena Masstech biasa memiliki jumlah serving 13, Masstech extreme bahkan tidak memiliki 2x lipat jumlah serving dari Masstech biasa. Lalu kemana larinya perbedaan 14lbs? Yups betul, larinya yaitu ke karbohidrat!! Masstech Extreme memiliki karbohidrat 400gr/serving, total dalam 1 kemasan 8kg karbohidrat. ingat!! Harga karbohidrat sangat murah sehingga wajar jika harga Masstech Extreme yang 3x lipat lebih banyak, hanya beda 2x lipat.

Nb. Bukan berarti Masstech Extreme lebih jelek kualitasnya secara keseluruhan ya, bagi anda yang butuh karbohidrat dalam jumlah tinggi tentu Masstech Extreme adalah salah satu pilihan terbaik. Selain itu karena tinggi karbohidrat, Masstech Extreme juga memiliki jumlah kalori tinggi.

3. With Milk or Water

Ketiga anda jangan terkecoh dengan kemasan depannya, biasanya untuk menarik perhatian konsumen maka kadang dalam kemasan depan suatu gainer dituliskan jumlah nutrisi suatu gainer jika diminum dicampur dengan low fat milk. Contoh pada gambar Masstech Extreme di atas ditulis 80gr protein, 80gr protein tersebut adalah bukan murni kandungan per serving Masstech Extreme, tetapi jika diminum dengan dicampur dengan low fat milk, untuk lebih jelasnya anda lihat nutrition facts di bagian belakang kemasan (browsing di mbah google), biasanya terdapat 2 tabel, yang satu nutrition facts jika diminum bersama dengan air (with water) dan yang satu lagi jika diminum bersama dengan low fat milk (with low fat milk).

Demikianlah dasar dasar dalam memilih gainer yang perlu anda perhatikan. Untuk lebih detailnya nanti akan saya buatkan artikel selanjutnya agar anda bisa memilih gainer yang terbaik bagi anda.

Leave a Reply