Cara minum whey protein yang benar, tepat dan efektif

Kali ini kami akan membuatkan artikel tentang cara meminum whey protein yang benar dan efektif. Kapan saja waktu yang tepat minum whey protein, intinya whey protein digunakan saat kita kekurangan protein dan membutuhkan asupan protein secara tepat, karena pada dasarnya whey protein adalah protein yang paling cepat diserap tubuh, walau tetap dibagi lagi beberapa jenis, namun tingkat penyerapannya hanya berbeda hitungan detik.

1. Setelah Bangun Tidur

Pagi hari adalah saat dimana tubuh membutuhkan banyak nutrisi setelah sebelumnya habis digunakan untuk proses pemulihan tubuh saat tidur, selain itu lambung juga sedang bekerja maksimal saat pagi hari. Namun, untuk lebih efektif dan efisien gunakanlah 1scoop saja, karena pada pagi hari kita juga biasanya akan sarapan. Perlu diingat asupan real food tetap penting untuk keberhasilan program anda.

2. Sebagai Cemilan

Banyak yang berkata bahwa whey protein adalah makanan mahal sehingga tidak bijak untuk digunakan sebagai cemilan. Pendapat tersebut bisa dibilang tidak sepenuhnya tepat, mengingat rata-rata 1scoop whey protein berkisar antara 10-15rb, anda nyemil sari roti + susu ultra saja habis sekitar 10rb, berapa protein yang anda dapatkan? Apalagi jika ngemil silverqueen, berapa protein yang anda dapatkan? Belum lemak dan gula yang ada dalam beberapa makanan tersebut. Untuk cemilan gunakan whey protein di antara makan pagi dan siang atau di antara makan siang dan malam cukup 1scoop saja. Penggunaan whey protein sebagai cemilan akan menghindarkan kita dari rasa lapar akan berbagai jenis cemilan yang kebanyakan dapat mengganggu program pembentukan tubuh anda, apalagi bagi anda yang sedang program cutting. Daripada membeli gorengan atau seblak, lebih baik minum whey protein šŸ™‚

3. Sebelum Latihan

Sebelum latihan tidak terlalu krusial bagi yang sedang program maintenance otot atau menambah masa otot karena kita bisa makan makanan real food, dan sebelum latihan yang sangat diperlukan adalah karbohidrat kompleks, makanlah makanan tinggi karbohidrat kompleks dan rendah gula sebelum latihan seperti singkong, ubi, nasi merah, outs atau bisa juga minum kopi hitam untuk tenaga saat latihan. Tanpa adanya karbohidrat, maka tubuh akan lemas dan tubuh akan mengambil protein dari otot sebagai cadangan energi. Namun, bagi anda yang sedang diet ketat maka anda bisa gunakan 1scoop whey protein, karena kandungan bcaa dan glutamine dalam whey sangat baik untuk mencegah penyusutan dan kerusakan otot selama latihan, bisa juga ditambahkan kopi atau outs untuk energi saat latihan.

4. Setelah Latihan

Wajib!! Karena saat inilah otot membutuhkan protein dalam jumlah banyak untuk mengganti sel otot yang sudah “dirusak” selama proses latihan dan menggantinya dengan sel otot baru yang lebih besar dan kuat. Gunakanlah minimal 2scoop whey protein setelah latihan.

Jika sebanyak itu apakah tidak bahaya karena berlebihan whey protein?

Seperti pada artikel sebelumnya tentang dampak negatif whey protein, maka bagi yang aktif berolahraga dibutuhkan protein sekitar 2grxberat badan anda, misal berat anda 70kg, maka dibutuhkan 2grx70 = 140gr protein. Jika anda mendapatkan protein 40gr dari makanan sehari-hari (anda bisa menghitungnya dengan tabel nutrisi berikut), maka anda memerlukan minimal 100gr protein lagi atau sekitar 4scoop whey protein, jika latihan anda lebih intense tentu jumlah protein yang diperlukan lebih tinggi.

Tentu saja di semua waktu di atas anda bisa meminum whey protein dan tidak ada salahnya, apalagi anda orang super tajir yang bisa membeli whey protein kapan saja. Namun bagi anda yang ingin menggunakan whey protein agar efektif dan ekonomis, maka gunakanlah pagi hari, setelah latihan dan 1x sebagai cemilan. Bagaimana dengan malam hari? Nanti yang ini kita bahas pada artikel berikutnya, untuk saat ini anda hanya perlu tau kalau hal tersebut mubazir dan jangan dilakukan.

Leave a Reply